Manfaat dan cara mandi malam burung pleci


Perawatan wajib dan rutin bagi burung pleci salah satunya yaitu mandi, Pleci biasa diberikan perawatan rutin berupa mandi pagi hari dan sore hari baik dengan cara semprot atau mandi sendiri dengan cepuk air besar.

Namun demikian, selain mandi pada pagi dan sore hari untuk pleci, mayoritas penghobi burung Pleci biasa juga melakukan mandi malam untuk Pleci jagoannya. 

pleci mandi
Pleci mandi, sumber foto mata puteh
Meski terkesan agak ekstrim namun mandi malam dipercaya merupakan sebuah terapi juga pada burung kacamata, ada juga pleci mania yang masih bertanya sebenarnya apa manfaat dari mandi malam untuk si mungil Pleci. Silahkan Sobat Pleci mania simak manfaat dan cara memandikan burung Pleci pada malam hari.

Manfaat mandi malam burung Pleci.


  • Dipercaya mampu meningkatkan mental Pleci.
  • Bisa membantu proses penjinakkan Pleci  yang sebelumnya giras.
  • Menurunkan dan mengatasi Over Birahi pada Pleci.
  • Ada juga yang beranggapan bahwa mandi malam juga membantu merangsang burung lebih rajin bunyi.

Nah jika Sobat Pleci mania yang belum mengetahui manfaat mandi malam pada burung Pleci, setelah menyimak penjelasan di atas tentu menjadi ngerti kegunaan mandi malam pada Pleci. 

mandi malam dilakukan di tempat tertutup
Jadi saat ini Sobat hanya perlu mengetahui bagaimana melakukan mandi malam pada burung yang tepat sehingga bisa menyesuaikan juga dengan kondisi burung yang akan dimandikan malam.

Cara mandi malam burung Pleci.


  • Jangan mandikan burung pleci  pada malam hari jika burung dalam kondisi sakit “nyekukruk”, jika dipaksakan justru mengakibatkan Pleci semakin sakit.
  • Waktu memandikan burung pleci malam hari dapat Sobat lakukan pada pukul 19:30 s/d 20:30 saja, lewat dari pukul 20:30 sebaiknya jangan dilakukan karena sudah terlalu malam dan biarkan burung beristirahat dengan nyaman.
  • Lakukan mandi malam di ruangan tertutup dengan lampu terang dan hangat, jangan memandikan burung malam hari di tempat yang terbuka dan terkena angin langsung.
  • Selesai mandi malam, burung bisa dianginkan di tempat yang hangat sambil diberikan kroto atau ulat hongkong yang putih menurut setelan dan porsi burung.
  • Setelah bulu terlihat kering, sangkar dapat kembali dikerodong dan biarkan burung beristirahat kembali sampai esok paginya.

Oh iya, mandi malam pada Pleci  tidak bisa diterapkan pada semua burung. Menurut sumber di forum-forum kicau burung Pleci, ada juga burung lain yang bisa dimandikan pada malam hari seperti Kacer, Murai Batu dan lainnya.