Contoh model dan ukuran tangkringan Pleci

Model dan susunan tangkringan pada sangkar burung Pleci memang terkesan hanya sebuah kayu tempat bertenggernya burung Pleci di dalam sangkar. Namun tangkringan pada sangkar burung tidak bisa kita anggap remeh dan sepele, model susunan dan diameter kayu serta bahan kayu tangkringan tidak bisa asal-asalan dibuat.



Namun disesuaikan dengan ukuran burung, karakter dan juga kebiasaan burung. Diameter kayu tangkringan harus menyesuaikan dengan kaki burung sebagai pemakainya dan juga bahan kayu biasanya kicau mania menggunakan bahan material kayu yang agak kasar sehingga burung bisa mencengkeram kuat ketika bertengger di atasnya.

Model tangkringan silang

Bagaimana dengan model dan susunan tangkringan pada sangkar Pleci.

Zona Pleci beberapa kali melakukan survey dan melihat-lihat kebiasaan para pemain burung Pleci dalam membuat model tangkringan sangkar Pleci dan sengaja admin tulis di blog ini agar tulisan artikel ini dapat bermanfaat bagi Pleci mania di Indonesia. Berikut ini model settingan tangkringan untuk Pleci :

  • Model tangkringan campuran pertama, 1 tangkringan utuh di bawah dan 1 buah hanya setengah ukuran tangkringan dibawahnya. Tangkringan pendek dipasang menyilang di atas.
  • Model tangkringan silang utuh, model ini menggunakan 2 batang kayu tangkringan yang panjangnya sama dan dibuat menyilang 1 di atas dan 1 di bawah.
  • Model tangkringan V, menggunakan 3 buah tangkringan yang sama panjang disusun 1 buah di bawah dan 2 buah lainnya dibuat di atas dengan posisi 2 buah sejajar.
  • Model tangkringan sejajar tangga, model ini paling banyak digunakan dengan cara membuat 2 buah kayu tangkringan yang sama panjang kemudian dipasang sejajar namun atas bawah seperti tangga.

Bahan dan diameter kayu yang ideal.

Karena burung Pleci tergolong burung kecil yang ukuran kakinya juga kecil, biasanya Sobat Pleci mania menggunakan ukuran kayu dengan diameter 0.5 cm. 

Untuk kayu-kayu yang digunakan ada yang menggunakan kayu pohon asam jawa, kayu pohon teh-tehan dan juga ada yang menggunakan kayu dari pohon perdu semacam bambu-bambuan.
Semoga bermanfaat