Perawatan Pleci lomba yang sedang mabung


Mabung atau proses pergantian bulu pada burung merupakan salah satu proses alamiah yang setiap waktu pasti akan dialami oleh semua burung.
Biasanya burung pada saat mengalami mabung kondisinya akan menurun, karena saat pergantian bulu tersebut kondisi badan burung akan terasa seperti demam panas dingin.


Sehingga pada saat-saat mabung tersebut, banyak pemilik burung akan memperlakukan perawatan istimewa pada burung peliharaannya yang sedang mengalami masa mabung, misalnya dengan : mengkerodong sangkarnya, memberinya pakan EF ekstra lebih dari biasanya atau mengistirahatkan burung dari berbagai kegiatan lomba.

Perlakuan untuk burung Pleci lomba saat mabung.

Beberapa penghobi burung Pleci ada yang memperlakukan Pleci jagoannya dengan perawatan istimewa saat burung sedang mabung, namun ada juga yang memperlakukan biasa saja. Nah pada artikel ini Zona Pleci memberikan pilihan salah satu perawat Pleci lomba saat sedang mengalami masa mabung, tulisan ini ditulis berdasarkan referensi dari grup Komunitas Plecimania Nusantara di Facebook. Berikut ini cara perawatannya :

  • Perawatan harian biasa saja, seperti biasanya hanya porsi Ekstra Fooding ditambah pemberiannya.
  • Penjemuran dan mandi tetap dilakukan seperti biasanya, hanya durasi penjemuran jangan terlalu lama.
  • Pengkerodongan bisa dilakukan namun cukup dilakukan pada malam hari saja, siang diperlakukan seperti biasanya.
  • Untuk tetap menjaga dan melatih mentalnya saat sedang mabung, burung tetap saja dibawa ke arena lomba minimal 1 minggu sekali. Jangan berharap menang, karena membawa burung mabung ke arena lomba bertujuan melatih mentalnya selama mabung.

Karena pada masa mabung burung dalam keadaan kurang top perform, jadi Sobat jangan berharap burung akan menang atau bisa juara. Tujuan membawa burung mabung mengikuti lomba adalah agar burung tidak turun mentalnya setelah mabungnya usai. Semoga bermanfaat