Ciri dan tanda burung Pleci akan segera mabung


Proses mabung atau ganti bulu pada burung Pleci bisa terjadi karena beberapa faktor, mabung bisa dikarenakan burung sudah akan memasuki masa ganti bulu atau bisa juga diakibatkan perawatan dan pakan yang kita berikan.


Perawatan harian dan pakan yang cenderung berubah mendadak bisa mengakibatkan burung Pleci akan langsung memasuki masa ganti bulu atau mabung. Jadi perubahan dari pakan serta perawatan bisa menjadi faktor burung Pleci menjadi mabung.


Namun untuk lebih jelas dan detailnya tentang ciri-ciri burung Pleci yang akan memasuki masa mabung dapat Anda baca pada ulasan di bawah ini :

  1. Burung menjadi terlihat lebih gemuk dan bulunya terlihat lebih banyak.
  2. Rontoknya bulu-bulu kecil dan halus.
  3. Pada bagian leher dan kepala biasanya akan tumbuh bulu-bulu jarum berwarna putih.

Ketika Anda menemui kondisi pleci seperti tersebut diatas, segeralah berikan pakan-pakan buah-buahan yang banyak mengandung air seperti pepaya, gambas atau jeruk manis dan sebagainya selama burung masih mengalami masa-masa mabungnya.

Selain pakan buah-buahan berair, air minum dalam cepuk juga usahakan dalam kondisi bersih selalu dan jangan lupa untuk mengkerodong sangkar full selama proses mabung terjadi.

Untuk mandi, Pleci dalam kondisi mabung bisa dimandikan sehari 2x tidak apa-apa dan jika ada air cucian beras sangat baik untuk membantu proses mabung burung karena dengan air sisa cucian beras, bulu-bulu burung yang baru tumbuh akan lebih berkilau dan bersih serta kuat.