Cara membuat Pleci giras jadi jinak

Menjinakkan burung Pleci yang giras dan terbang kesana kemari ketika sangkar kita bersihkan sebetulnya sudah sering ditulis dan dibahas di berbagai blog burung, namun untuk melengkapi artikel tentang burung Pleci di blog ini,
artikel tersebut kembali saya tulis sebagai pelengkap dan bahan wacana tentang perawatan burung kacamata.
Penjemuran di bawah, efektif untuk menjinakkan Pleci bakalan

Menjinakkan Pleci giras.

Membuat burung Pleci yang giras menjadi lebih jinak sebetulnya tidak membutuhkan trik dan cara yang merepotkan, namun dapat dilakukan dengan mudah dan dibutuhkan sedikit kesabaran dalam melakukannya. Caranya, silahkan Sobat baca artikel di bawah ini hingga selesai :

  1. Semprot burung hingga benar-benar basah dan bulunya lengket tidak bisa terbang.
  2. Setelah burung terlihat basah dan tidak bisa terbang, Sobat bisa masukkan tangan untuk mengambil makanan, minuman atau sambil membersihkan dasar-dasar sangkarnya.
  3. Saat burung tidak bisa loncat/terbang, coba Sobat berikan sentuhan halus sesekali pada bagian kepalanya.
  4. Cukup lakukan penyentuhan beberapa kali saja, kemudian setelah makanan, minuman dan sangkar dibersihkan, burung bisa dijemur namun penjemuran dilakukan dengan sangkar diletakkan di tanah jangan digantung di atas.
  5. Lakukan cara tersebut setiap hari selama 2 s/d 3 minggu, dalam tempo waktu tersebut biasanya burung akan terlihat lebih tenang dan tidak ketakutan ketika sangkarnya kita dekati.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.