Perbedaan fisik Pleci auriventer dan buxtoni

Kedua jenis burung Pleci kacamata ini memang memiliki ciri yang sekilas hampir sama dan nyaris tidak ada perbedaannya.  Pleci auriventer dan buxtoni sama-sama memiliki warna bulu dada abu-abu dan warna punggung yang hampir sama yaitu hijau kekuningan.


Dan yang pasti Pleci auri dan Buxtoni juga sama-sama memiliki lingkar mata yang berwarna putih juga, jadi memang nyaris tidak ada perbedaannya. 


Namun jika kita perhatikan, Pleci jenis Auriventer dan Buxtoni tetap memiliki perbedaan bentuk tubuh “fisik”, keduanya dapat kita bedakan jika kita perhatikan lebih detail dan jelas. 

Perbedaan secara fisik Buxtoni dan Auriventer.


  • Pleci Buxtoni, memiliki ukuran dan panjang tubuh yang lebih kecil dibandingkan jenis Auriventer. Buxtoni memiliki karakter tubuh lebih mirip dengan jenis Pleci dada kuning mata coklat atau Pleci Jawa.
  • Pleci Auriventer, bentuk tubuhnya cenderung agak lebih panjang dan lebih besar dari Pleci Buxtoni.  Jika kita perhatikan warna putih pada lingkar mata Auri cenderung lebih tajam dan tebal dari semua jenis burung Pleci kacamata.

Selain perbedaan secara fisik/bentuk tubuh, nada dan suara dari kedua jenis burung kacamata dada putih tersebut juga memiliki karakter suara yang berbeda.

  • Pleci Buxtoni memiliki karakter suara pada nada call lebih cempreng, treble dan terdengar seperti suara call dari Pleci jenis dada kuning atau Pleci Jawa.
  • Pleci Auriventer, karakter suara Auriventer pada nada call lebih terdengar tajam dan cenderung agak-agak ngebass dan keras.