Ngombyok pleci dalam kandang ombyokan

Semakin melejitnya pamor burung Pleci menjadikan harga burung kacamata tersebut semakin hari semakin tinggi dan mahal.


Burung Pleci segudang prestasi biasanya memiliki harga hingga mencapai jutaan rupiah, hampir menyamai harga-harga burung besar seperti cucak hijau, Murai batu, Kacer dan lainnya.




Sedangkan burung Pleci bahan yang sudah dipisah kandang oleh penjualnya biasanya dibanderol dengan harga yang lumayan juga, sekitar 150 ribu hingga 200 ribu rupiah.

Membeli ombyokan.

Jika Anda kebetulan ingin coba-coba memelihara burung Pleci dan ingin mendapatkannya dengan harga yang murah, maka Anda bisa membeli burung Pleci dengan cara ngombyok atau memilih sendiri dalam kandang ombyokan. Biasanya burung dalam kandang ombyokan dijual dengan harga terjangkau, sekitar 45 ribu rupiah saja setiap ekornya.

Bagaimana cara memilih pleci yang bagus dalam kandang ombyokan.

Cara memilih pleci yang bagus dalam kandang ombyokan ini admin tulis berdasarkan referensi dari Om Ichsan Paris seorang senior pemain Pleci dan pengorbit Pleci Suparman. Berikut ini cara ampuh ngombyok Pleci :

  1. Pilih burung yang masih terlihat muda dan jika ada, pilih yang masih anakan. Burung muda lebih mudah dimaster, dibentuk mentalnya  dan juga dirawat.
  2. Jangan memilih burung yang sudah dewasa di hutan, burung dewasa sulit dimaster dengan aneka laguan.
  3. Pilih burung dengan bentuk tubuh “katuranggan” yang baik, paruh, mata dan kaki. Pilih burung dengan paruh besar, tebal dan panjang. Alis tebal merupakan rumus pasti dalam memilih burung Pleci dalam kandang ombyokan.
  4. Untuk lebih memastikan burung berjenis kelamin jantan, bawa audio elektronik atau handphone untuk memancing Pleci jantan bersuara. Biasanya jika burung berjenis kelamin jantan, ketika dipancing dengan audio maka burung akan terpancing bersuara call double.
  5. Untuk lebih mudah jika sudah ada bakalan yang kita incar, akan lebih baik jika burung dipisahkan dalam kandang sendiri untuk dipancing ngeriwik menggunakan audio elektronik, memastikan burung berjenis kelamin jantan.

Semoga bermanfaat.