Sekilas mengenal burung Pleci kacamata


Burung pleci sepertinya menjadi magnet tersendiri bagi penyuka burung kicauan kecil dengan harga murah dan terjangkau, meskipun kecil burung Pleci memiliki daya tarik tersendiri bagi kicau mania di tanah air.

Semula burung Pleci banyak digemari oleh kicau mania dengan kantong tipis, namun saat ini harga burung Pleci justru meroket dengan harga yang tidak disangka-sangka hingga mencapai puluhan juta untuk seekor Pleci dengan segudang prestasi tentunya.

Pleci dada abu-abu, sumber wikipedia.org
Burung pleci merupakan jenis burung kicauan dari burung kecil (Passeriformes), memiliki penyebaran di daerah tropis. Dengan nama latin Zosterops yang berarti “lingkaran mata”, Pleci memiliki ciri unik dan hampir semua keluarga dari Zosterops memiliki ciri tersebut yaitu lingkar mata berwarna putih atau abu-abuan.

Burung Pleci kacamata sendiri secara fisik tidak memiliki warna dan ciri yang mencolok terkecuali terdapat lingkaran pada alis matanya yang berwarna putih dan ada juga yang berwarna abu-abu. Pleci memiliki ukuran tubuh yang tergolong kecil, jika diukur dari ujung paruh hingga ujung ekornya sekitar 15cm.

Warna bulu-bulu pada burung Pleci ada yang berwarna hijau agak kelabu dengan dada berwarna kekuningan, namun ada juga Pleci dengan warna bulu punggung hijau kelabu sedangkan dadanya berwarna abu-abu keputihan.

Telur dan piyikan Pleci, sumber grup facebook konservasi Pleci
Pleci merupakan jenis burung koloni, sehingga menyukai hidup berkelompok untuk mencari makan bersama koloninya. Pada musim kawin, burung Pleci biasanya membangun sarang di rerimbunan pepohonan dengan jumlah telur berkisar antara 3-4 butir telur berwarna biru pucat.

Makanan Pleci di alam bebas.

Makanan utama Pleci ketika hidup di alam bebas berupa serangga kecil, buah-buahan kecil dan juga menghisap nektar di bunga.

Membedakan jenis kelamin Pleci.

Untuk membedakan jenis kelamin burung Pleci bukanlah hal yang mudah, Pleci merupakan jenis burung monomorfik yaitu jenis kelamin jantan dan betinanya memiliki ciri yang sama secara fisik. Biasanya pada burung betina tidak bisa berkicau dibandingkan jantannya, betina hanya mampu mengeluarkan suara panggilan saja yaitu ciet..ciet..ciet saja tanpa suara kicauan ngalas ataupun suara ngeroll seperti Pleci jantan.

Sumber foto wikipedia dan facebook.