Manfaat dan cara pengembunan Pleci


Pengembunan merupakan cara perawatan dengan pendekatan alamiah, seperti kita ketahui bahwa burung-burung apapun jenisnya ketika pagi hari yang sejuk biasanya akan keluar dari persembunyian dan salin bersahutan berbunyi satu sama lainnya.

Demikian halnya dengan burung Pleci, pengembunan pagi hari juga termasuk cara efektif merangsang burung untuk berbunyi di sejuknya pagi hari seolah-oleh seperti sedang berada di alam bebas.
Pengembunan, meski masih gelap tetap dilakukan
Banyak cara dan trik yang dilakukan oleh Pleci mania tentang cara pengembunan burung Pleci di pagi hari supaya burung cepat terangsang bunyi dan bisa buka paruh. Untuk lebih jelas dan detailnya, silahkan Sobat coba simak ulasannya di bawah ini.

Cara pengembunan Pleci di pagi hari.


  • Jauhkan burung Pleci satu dengan lainnya, jangan saling lihat agar burung saling memanggil dan memancing burung bisa bersuara lebih lantang. 
  • Pengembunan dengan cara terpisah sangat disarankan untuk burung Pleci yang masih bahan dari ombyokan.
  • Untuk Pleci yang sudah ngeriwik kasar atau ngeriwik halus, metode pengembunan pisah dengan cara dikerek tinggi juga sangat disarankan dan sangat cepat merangsang burung bisa ngeplong.
  • Sedangkan untuk Pleci gacoan siap tempur yang sudah jadi, pengembunan bisa dilakukan dengan cara ditempel jejer terus hingga perawatan mandi dan penjemuran.
  • Waktu pengembunan bisa dilakukan dari pukul 05:30 pagi hingga matahari mulai terbit dan udara sudah terasa hangat.

Semoga bermanfaat