Sekilas cara dan manfaat mengumbar Pleci pada kandang umbaran


Mengumbar Pleci pada sangkar umbaran yang lebih luas dari sangkar hariannya dianggap mampu membuat durasi suara Pleci lebih panjang dan juga dipercaya bisa melatih Pleci cepat ngeplong.

Banyak cara dilakukan oleh Pleci mania untuk mengumbar Pleci di dalam kandang umbaran, mulai dengan menggunakan sangkar besi tiga tingkat hingga membuat sendiri kandang umbaran dari kawat Ram persegi empat. 
Sangkar umbaran tempel dinding

Waktu pengumbaran Pleci

Waktu pengumbaran Pleci bisa dilakukan sebelum burung dijemur setelah pengembunan, untuk lamanya pengumbaran bisa Anda lakukan sebagai berikut ini :

  • Jika burung tergolong baru diumbar, lakukan pengumbaran dalam durasi 5 s/d 15 menit saja. Jangan terlalu lama.
  • Sedangkang untuk Pleci yang sudah terbiasa diumbar, lamanya pengumbaran bisa dilakukan selama 30 s/d 60 menit lamanya.

Hal yang perlu diperhatikan 


  • Jangan umbar Pleci jika dalam kondisi kurang fit atau sakit, memaksa burung yang sakit ke dalam sangkar umbaran justru akan berakibat burung jadi semakin sakit.
  • Saat dalam sangkar umbaran, jika burung terlihat malas loncat dan terbang, maka pengusiran dari tangkringan satu ke tangkringan lainnya bisa dilakukan supaya burung tidak malas bertengger saja.
  • Lakukan pengusiran dengan halus dan tidak kasar yang bisa menakuti burung.
  • Cepuk air minum tetap perlu diletakkan di dalam sangkar umbaran ya, jangan kosongan karena kasian burung kehausan tetapi air minum malah tidak tersedia di dalamnya sangkarnya.

Umbaran hanya merupakan salah satu pola perawatan untuk Pleci supaya cepat ngeplong dan memiliki nafas yang lebih panjang dan kuat, pola perawatan harian lainnya juga turut membantu moncer atau tidak burung tersebut ketika dibawa ke kontes burung. Semoga bermanfaat