Mempersiapkan calon indukan Pleci untuk beternak


Anda ingin mencoba Breeding pleci ?. Untuk beternak burung Pleci selain membutuhkan cara  dan proses untuk menjodohkan sepasang burung kacamata, Anda juga harus mempersiapkan segala sesuatunya seperti sangkar dan calon indukan yang akan dikawinkan. 

Pemilihan calon burung yang akan dijodohkan sangat penting dan berperan signifikan sukses atau tidaknya beternak Pleci. Indukan yang asal-asalan Anda jodohkan bisa jadi akan menggagalkan ternak Pleci Anda atau menghasilkan anakan yang kurang baik kualitasnya. 
Pleci dewasa
Untuk lebih jelas mengenai cara pemilihan calon indukan untuk beternak Pleci, silahkan Anda simak uraiannya di bawah ini.
  • Pastikan 100% jika burung yang akan Anda kawinkan merupakan burung jantan dan betina, jangan sampai justru berjenis kelamin sama..hehehe...
  • Burung dalam kondisi sehat dan lincah.
  • Burung dalam kondisi siap dikawinkan dengan usia siap untuk dijodohkan, biasanya berusia di atas 4 bulan s/d 9 bulan.
  • Burung Pleci merupakan burung sejenis, misal dakun macok dengan dakun macok atau Buxtoni juga dengan buxtoni.
  • Pilih burung pejantan yang berkualitas dan memiliki postur tubuh baik dan gagah, biasanya indukan jantan bagus maka hasil anaknya pun juga bagus.
  • Selama masa penjodohan atau akan dijodohkan, jangan berikan pakan-pakan oplosan mengandung zat kimiawi, jadi hanya berikan pakan-pakan alamiah seperti buah-buahan, kroto, UH atau pakan alami lainnya.
  • Hindari pemberian pakan atau minuman mengandung doping-doping campuran berbagai resep ala Pleci mania yang ingin burung peliharaannya cepet-cepet ngalas dan koar-koar.

Burung dengan pakan alamiah, secara fisik dan kesehatan lebih baik dan organ vital burung bekerja lebih baik dan normal adanya.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat